Suzuki Jimny SJ 410 1982, Solo, Khusus Offroad Long Trip!

Jumat, 24 Oktober 2014 17:20 WIB

Suzuki Jimny SJ 410 1982, Solo, Khusus Offroad Long Trip!

Penulis : Gombak, Bagja | Teks Editor : Manut | Foto : Gombak
Solo - Kenalin nih owner sekaligus drivernya Arthur Rhino MS. Lajang 24 tahun ini cinta mati dengan Suzuki Jimny SJ 410 lansiran 1982 yang biasa digunakan buat kegiatan adventure off road.

"Lebih mengasyikan dan tantangannya banyak. Misalnya skill mengemudi menghadapi handicap, termasuk kesiapan fisik dan jip itu sendiri untuk sehat sampai finish," yakin warga Soputan nomor 6b, Mojosongo, Solo.

Maka usah heran bila spesifikasi Jimny yang aslinya atap rata ini memang dipersiapkan untuk berpetualang blusukan. Kalau pun ikut even kompetisi off road, Jip ini disebut malah lebih suka ikutan di country road (cr) ketimbang melibas sebuah scs. Apalagi bila cr blusukan itu masuk kategori long trip.

Amati struktur bodinya. Diklaim inilah yang disebut semi tubular. Bodi depannya atau dudukan fender kiri kanan sudah lenyap diganti pipa seamlles tubular. Pipa itu juga terkoneksi dengan rollcage dalam interior. Jikapun jip ini klontang, Arthur yang bertubuh subur itu aman berada di kabin.

Struktur gardan pun juga diperkuat atau direinforce biar enggak melintir. Perbandingan final girnya 8:43. Diklaim low gear. Sedangkan gear boxnya diklaim custom hibrid.
Racikan itu enteng buat melibas rintangan dan pas bila jip ini menggunakan lingkar roda ukuran R 15 yang dibalut ban Savero Komodo Extreem 31'. Oplosannya kata Arthur rahasia.  Ini karena Arthur masih pakai mesin 4 silinder 1000cc. Maklum doi anti engine swap.

Oh ya intip pula keempat kakinya hanya ditopang sokbreker oli. Konon bekas pula. Itu diakui Arthur. Katanya itu copotan sokbreker Isuzu Panther. Harganya hanya Rp 75 ribu perpieces. Walau murmer ampuh redam guncangan  dan bantingannya soft. Artinya enggak perlu sokbreker mahal kalau untuk blusukan.

Bilapun Kejebak rintangan ketika blusukan ekstrem, ah enggak masalah. Jip ini dilengkapi winch 2 unit. Di depan ditopang winch PTO, sedangkan belakang winch elektrik. Bila pun terjebak radio komunikasi pun ada untuk memudahkan berkomunikasi dengan rekan sesama offroader. Sekali lagi itu semua bukan pajangan yapi biasa digunakan. Makanya aki bermerk Panasonic 140 ampere jip ini juga ada 2 unit.
Hampir lupa, jip ini termasuk komplit gotong barang. Semua tertata diburitan. Kalau dihitung ada 5 box yang dibawa. Masing-masing box ada isinya dan bobotnya sektar 15 kg. Mau tahu isinya?.

Diantaranya peranti sparepart. Seperti timing belt, tali kipas, kipas radiator, as roda dan sebagainya. Ada pula box berisi toolkit berat. Macam alat las, gerinda. Box logistik makanan juga ada malah ini penting. Isinya mie instans, air mineral, kompor gas, dan macam-macam. Cooler box.

Oh ya peralatan bermalam seperti tenda buat nginep bermalam juga ready to use. Siap buat bang Toyib, ups, lama enggak pulang ke rumah enggak masalah..

Data modifikasi:
Pengapian                    : Bluefire
Ban                             : Komodo 31
Gardan                        : final gear 8:43
Gearbox                      : Custom Hybrid superlow
PTO                             : Winch XRC8 & Runva EWG8000
Rollbar                         : Seamless
Jok                              : Bucket
Radio komunikasi         : Yaesu 2900
Aki                               : Panasonic 140ampere

(mobil.otomtoifnet.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar